Jumat, 07 September 2018

20+ Cara Mudah Membuat Kaligrafi Arab Untuk Pemula



20+ Cara Mudah Membuat Kaligrafi Arab Untuk Pemula



Kaligrafi arab merupakan seni tulis yang berkembang sejak dulu kala di tanah jazirah arab. Pada umumnya kaligrafi selalu menjadi suatu seni tulis yang indah dan selalu terdapat di setiap sudut masjid.
Kaligrafi adalah tulisan arab yang ditulis dengan beberapa guratan dengan memperhatikan unsur artistik pada setiap tulisan. Tulisan tersebut kerap menjadikan hiasan seni rupa yang disukai oleh banyak orang.
Kaligrafi merupakan suatu seni tulisan yang biasanya menggunakan kalimat bahasa arab yang indah. Setiap seni kaligrafi yang ditampilkan selalu memiliki unsur-unsur keindahan pada setiap bentuk dan pola. Kaligrafi juga kerap membuat seseorang terpukau dengan keindahan dari hiasan kaligrafi tersebut.
Seni kaligrafi sendiri lebih dikenal atau terkenal pada dunia islam. Sebab, kaligrafi biasanya diambil dari bagian-bagian ayat dalam kitab suci AL- Qur`an. Seni kaligrafi juga termasuk kedalam seni rupa islam yang selalu menjadi hiasan di dinding-dinding rumah ataupun masjid.
Seiring dengan berkembangnya teknolgi, kaligrafi bukan hanya ditulis diatas kanvas ataupun kulit hewan. Namun saat ini sudah terdapat banyak sekali seni kaligrafi arab yang bisa anda jadikan sebagai wallpaper di perangkat yang anda miliki.
Wallpaper juga yang tersedia tidak hanya wallpaper biasa, namun juga wallpaper dalam bentuk 3D. Tentunya ini agar selalu  mengingatkan kita terhadap agama dan kepada Allah Subhanahu wa ta`ala.
Kalimat kaligrafi memang bisa kita nikmati dengan baik. Jika kita memahami arti dan bacaan yang terdapat pada kaligrafi tersebut. Tentunya memang itu tidak sulit, jika kitadapat membaca Al-Qur`an. Biasanya tulisan kaligrafi yang cukup sulit dibaca adalah tulisan kaligrafi  yang bertuliskan berbahasa arab gundul atau yang tidak memiliki tanda baca.
kaligrafi
agitamaulani.com

KALIGRAFI ARAB DAN PENJELASANNYA

kaligrafi arab
z4lf4.wordpress.com
Kaligrafi merupakan ilmu seni menulis yang indah, kaligrafi dalam bahasa inggris yaitu : Caligrapy is art beautiful hand writing. Beberapa definisi kaligrafi dari beberapa pakar :
  1. Menurut Syeikh Syamsudddin Al-Ahfani : pengertian kaligrafi (khat) adalah : Ilmu yang mempelajari tentang berbagai macam bentuk huruf tunggal, pisah dan tata letaknya serta metode cara merangkainya menjadi susunan kata atau cara penulisannya di atas kertas dan sebagainya.
  2. Menurut Yaqut Al-musta`Shimy : Kaligrafi merupakan seni arsitektur yang dieksoresikan lewat alat keterampilan.
  3. Menurut Ubaid bin Ibad Kaligrafi merupakan duta atau utusan dari tangan, sedang pena adalah dutanya.

JENIS-JENIS KALIGRAFI :

jenis kaligrafi
http://coolrockstuff.blogspot.co.id
Dalam perkembangnya muncul banyak jenis khat kaligrafi, namun tidak semua kaligrafi tersebut bertahan hingga saat ini. Terdapat 8 (delapan ) jenis khat kaligrafi yang populer dan dikenal oleh para pecinta seni kaligrafi indonesia, yaitu :

KHAT NASKHI

khat naskhi
https://hady412.wordpress.com
Khat Naskhi merupakan kaligrafi gaya Naskhi yang paling sering dipakai oleh orang-orang islam, baik untuk menulis naskah keagamaan maupun tulisan sehari-hari. Khat Naskhi termasuk gaya penulisan kaligrafi tertua.
Sejak kaidah penulisannya dirumuskan  secara sistematis oleh Ibnu Mauqlah pada abad ke-10, kaligrafi ini sangat populer digunakan untuk menulis Mushaf Al qur`an hingga sampai sekarang. Memiliki karakter huruf sederhana, nyaris tanpa hiasan tambahan, sehingga mudah ditulis dan dibaca.

KHAT TSULUTS

Khat Tsuluts
https://kaligrafi–islam.blogspot.co.id
Kaligrafi Gaya Tsulust – kaligrafi ini merupakan seorang menteri bahasa arabnya ( wazir ) dimasa ke khalifahan Abbasiyyah.  Tulisan kaligrafi gaya tsulus sangat ornamental, dengan banyak hiasan tambahan dan mudah dibentuk dalam komposisi tertentu untuk memenuhi ruang tulisan yang tersedia.
Karya kaligrafi yang menggunakan gaya tsulust bisa ditulis dalam bentuk kurva, dengan kepala meruncing dan terkadang ditulis dengan gaya bersambung  dan intereksi yang kuat. Karena keindahan dan keluwesannya ini, khat tsulust banyak digunakan sebagai ornamen arsitektur masjid, s;;ampai buku, dan dekorasi interior, dan lain sebagainya.

KHAT FARISI

Khat Farisi
http://koleksigambar.site
Kaligrafi gaya farisi – seperti tampak dari namanya, kaligrafi gaya farisi dikembangkan oleh  orang persia dan menjadi huruf resmi bangsa ini sejak masa dinasti Safawi sampai sekarang. Kaligrafi farisi sangat mengutamakan unsur garis, ditulis tanpa harokat.
Dan kepiawanya ditentukan oleh kelincahannya mempermainkan tebal-tipis huruf dalam takaran yang tepat. Gaya ini banyak digunakan sebagai dekorasi eksterior masjid di iran, yang biasanya dipadu dengan warna-warni arabes.

KHAT RIQ`AH

khat riqah
http://heri897.blogspot.co.id
Khat riq`ah – kaligrafi ini meupakan hasil pengembangan dari kaligrafi Naskhi dan Tsulust. Sebagaimana halnya dengan tulisan gaya Naskhi yang dipakai dalam tulisan sehari-hari. Riq`ah dikembangkan oleh kaligrafer daulah Ustmaniyah.
Lumrah juga digunakan untuk tulisan tangan biasa atau untuk kepentingan praktis lainya. Karakter huruf kuat ini sangat sederhana, tanpa harakat sehingga memungkinkan untuk ditulis cepat.

KHAT IJAZAH

khat Ijazah
https://kaligrafi–islam.blogspot.co.id
Khat Ijazah (raihani) – Tulisan khat Ijazah merupakan perpaduan antara khat Tusulust dan Naskhi, yang dikembangkan oleh para pakar kaligrafi usmani. Khat ini biasa digunakan untuk penulisan ijazah dari seorang guru kaligrafi kepada anak didiknya.
Karakteristik huruf pada khat ini  seperti khat tsulust, namun lebih sederhana, tidak terlalu banyak tambahan hiasan, dan tidak lazim ditulis secara bertumpu atau murakkab.

KHAT DIWANI

khat diwani
islamicart.ca
Kaligrafi Diwani – kaligrafi ini dikembangkan oleh kaligrafer Ibrahim munif. Yang kemudian, disempurnakan oleh Syaikh Hamdullah dan kaligrafer daulah usmani di Turki akhir abad ke-15 dan awal abad ke-16.
Khat seperti ini digunakan untuk menulis kepala surat resmi kerajaan. Karakter pada khat ini berbentuk bulat dan tidak berharokat. Keindahan tulisanya bergantung pada permainan garisnya yang terkadang berbentuk horizontal.
Gaya kaligrafi Diwani banyak digunakan untuk ornamen arsitektur dan sampul buku.

KHAT DIWANI JALI

khat diwani jali
http://www.pesantrenkaligrafipskq.com
Khat Diwani Jali – kaligrafi ini merupakan pengembangan dari khat Diwani. Gaya penulisan kaligrafi ini diperkenalkan oleh Hafiz Usman, (7 seorang kaligrafer terkemuka daulah usmani di turki. Anatomi huruf Diwani Jali pada dasarnya mirip dengan khat Diwani, tetapi jauh lebih ornamental, padat , dan terkadang bertumpuk-tumpuk.
Berbeda dengan Diwani yang tidak berharokat, Diwani Jali terdapat penuh dengan harakat. Dengan harakat yang melimpah ini lebih berfungsi untuk keperluan dekoratif dan tidak seluruhnya berfungsi sebagai tanda baca. Karenanya, khat ini sangat sulit untuk dibaca secara selintas.
Pada umumnya model ini digunakan untuk aplikasi yang tidak fungsional, seperti dekorasi interior masjid atau benda-benda hias.

KHAT KUFI

khat kufi
http://callidesign.blogspot.co.id
Khat kufi – kaligrafi gaya kufi, penulisannya banyak digunakan untuk penyalinan Al Qur`an periode awal. Karena itu, gaya Kufi ini merupakan model penulisan paling tua diantara semua gaya kaligrafi. Gaya ini pertama kali berkembang di kota Kufah Irak, yang merupakan salah satu kota terpenting dalam sejarah keberadaban islam sejak abad ke-7 M.
Untuk membuat kaligrafi tidak bisa dimiliki begitu saja dengan mudah. Orang yang mempunyai tulisan bagus pun belum tentu bisa membuat kaligrafi. Kaligrafi  bukan hanya tentang keindahan tulisan saja, tetapi juga bagaimana seorang seniman bisa membentuk kata seunik mungkin.

LANGKAH AWAL CARA MEMBUAT KALIGRAFI ARAB

Tahap ini bertujuan untuk melatih tangan agar terbiasa dengan huruf-huruf arab. Hal ini bertujuan agar hasil karya yang dibuat menjadi rapi dan terlihat lebih indah.

BIASAKAN MENULIS HURUF ARAB

menulis huruf arab
http://www.nu.or.id
Jangan jadi montir jika tidak mau mandi oli. Jangan jadi petani jika tidak mau turun ke sawah. istilah yang seri digunakan sebagai profesi dan resikonya. Hal ini juga berlaku jika anda yang ingin mempelajari kaligrafi Arab.
Anda harus membiasakan menulis huruf Arab, hal ini mungkin sulit bagi kalain yang tidak punya basic Bahasa Arab.
Bisa karena biasa atau bisa karena dipaksa. Pada intinya kalian  harus melakukan sampai benar-benar bisa menulis huruf Arab dengan baik. Untuk lebih memudahkan proses ini, kalian bisa membiasakan menulis hadist atau penggalan-penggalan ayat Al-Qur`an.

TEMUKAN MEDIA TULIS YANG NYAMAN DIPAKAI

media tulis
arsyarsiba2017.blogspot.com
Media tulis yang dimaksud seperti pena dan kertas. Pemilihan dua unsur ini sangat berpengaruh pada hasil tulisan. Media yang bagus bagi seseorang mungkin tidak cocok digunakan orang lain. Usahakan mencoba beberapa jenis pena dan kertas.
Setelah itu bandingkan hasil tulisan dan rasakan kenyamanan saat memegang pena dan menggerakannya diatas kertas.

PELAJARI CARA PENULISAN HURUF ARAB

tulisan arab
Metode penulisan huruf kaligrafi arab dimulai dari kanan ke kiri. Selain dari pada itu, ada beberapa cara lain yang harus dipelajari seperti urutan cara penulisan dan cara menggerakan pena. Usahakan untuk mencontoh tutorial di youtube agar proses latihanya bisa lebih efektif.

BIASAKAN MENGGERAKAN SELURUH TANGAN

belajar khat
Kesalahan fatal ketika membuat sebuah kaligrafi Arab adalah hanya menggerakan jari saat menulis. Hal ini akan membatasi ruang gerak tangan dan membuat hasil kaligrafi tidak halus. Usahakan supaya tangan-tangan menempel pada media tulis. Biarkan sebagian telapak tangan menempel dan mulai gerakan tangan sesuai irama huruf yang dibuat.

KALIGRAFI ARAB

kaligrafi 1
apkpure.com
Kali ini akan membahas tentang kumpulan kaligrafi arab yang mudah dan bagus dan mungkin akan jadi referensi untuk menjadikan inspirasi gambar seni kaligrafi islam anda.
Semua orang sudah tidak asing lagi dengan gambar kaligrafi yang satu ini. Siapa sih yang tidak mengenal kaligrafi zaman sekarang, gambar kaligrafi, memang sudah cukup banyak bahkan juga ratusan juta orang telah menggambar kaligrafi yang indah.
Namun jangan salah, gambar indah ini juga dapat anda jadikan referensi untuk jadi bahan gambar seni islami anda apa lagi untuk anda yang baru mulai mempelajarinya.

SKETSA KALIGRAFI

Sketsa Kaligrafi
Koleksigambar.site
Disni saya akan menujukan mengenai sketsa kaligrafi yang jelas menjadi tranding topik untuk anak muda pada zaman sekarang. Gambar sketsa sederhana terbaik untuk anak. Dengan adanya gambar sketsa dapat membantu anda menemukan sketsa gambar kaligrafi.
Menggambar dengan mengunakan sketsa adalah cara yang sangat bagus untuk membantu para pemula untuk mendapatkan hasil karaya seni yang bagus.
Anda bisa membuat sketsa menggunakan garis tipis-tipis yang kemudian aakan anda tindih deengan tinta yang lebih tebal.

KALIGRAFI ARAB BISMILLAH

kaligrafi arab bismillah
http://anandastoon.com
Kaligrafi bismillah merupakan sebuah perkataan yang sangat familiar di telinga kita. Hampir di setiap moment kehidupan kita mengucapkan perkataan mulia ini untuk mengharap rahmat dari Sang Maha Pengasih dan Penyayang.
Lafadz bismillah selalu ada di setiap awal ayat dalam Al-Qur`an untuk pembukaan surat, kecuali surat At-Taubah. Kita juga di anjurkan oleh rasulullah untuk mengucapkan lafadz bismillah disetiap do`a.
Tidak hanya ibadah-ibadah mahdah saja kita mengucapkan bismillah kegiatan keduniaan yang setiap hari kita lakukan juga di sunnah mengucapkan lafadz bismillah.

TAHAP PEMATANGAN TULISAN

tahapan penulisan arab
arabictype.com
Pada tahap ini, kalain akan melatih kemampuan memperindah tulisan anda. Ada bebrapa hal yang perlu dilatih. Salah satunya adalah membuat sketsa sebelum membuat kaligrafi Arab.

MEMBIASAKAN MENULIS DENGAN BAHAN BAKU

peralatan kaligrafi
hinative.com
  1. Gunakan Garis Bantu
  2. Sketsa Kaligrafi Sebagai Media Bantu

MENIRU KARYA ORANG LAIN TANPA SKETSA



    sumber - http://haurgeulis.com/kaligrafi-arab/